Radiometri Kuarter Indonesia

 

Awang Harun Satyana
Wed, 30 May 2007 00:47:18 -0700

Sejak kapan terjadi sedimentasi dataran pantai di pesisir timur Sumatra,utara Jawa, dan selatan Papua ? Sedimentasi pantai di pesisir timur Sumatra terjadi sejak 25.879 tahun yang lalu, di pesisir utara Jawa (Barat) sejak 90.000 tahun yang lalu, di utara Bali-Sumbawa sejak 27.000 tahun yang lalu, dan yang di selatan Papua sejak 36.390 tahun yang lalu.
Lalu, kita pun menjadi tahu bahwa batugamping koral terangkat di selatan Nusa Tenggara telah terjadi sejak 200.000 tahun yang lalu. Semua gamping ini terangkat karena di bawah pulau2 ini ada kerak benua Australia yang
dulu masuk sekarang sedang terangkat kembali; artinya bahwa benturan Australia-Nusa Tenggara tak mungkin lebih muda dari 200 ribu tahun yang lalu.

Kapan magmatisme dan volkanisme di Bukit Barisan, Jawa, Nusa Tenggara, Sulawesi Utara mulai terjadi dan menghasilkan deretan gunungapi-gunungapi sekarang ? Magmatisme-volkanisme di Bukit Barisan mulai terjadi pada 1,8 Ma (million years ago – jtyl /juta tahun yang lalu), di Jawa mulai 1,55 jtyl, di Nusa Tenggara sejak 1,4 jtyl, di
Sulawesi Utara sejak 0,8 jtyl, dan di Lengan Utara Halmahera sejak 1,3 jtyl. Kita pun menjadi tahu bahwa gunungapi Muria telah padam pada 0,41 jtyl atau sekitar 400 ribu tahun yang lalu; gunungapi Bawean mati 250 ribu tahun yang lalu, dan gunungapi Lompobatang di Sulawesi Selatan mati sejak 0,77 jtyl. Di mana intrusi magmatic termuda ? Itu ditemukan di Sulawesi Tengah, berupa terobosan granodiorit yang terjadi 970.000 tahun yang lalu, dan terobosan monzonit di Kepala Burung yang terjadi 1,27
jtyl.

Di mana pemalihan (metamorfisme) termuda di Indonesia ? Itu ditunjukkan oleh sekis di Leher Irian Jaya, pada Jalur Lengguru, berupa sekis berumur metamorfik 1,08 jtyl dan sekis di Pulau Bacan yang terjadi hanya 300 ribu tahun yang lalu.

Demikian peristiwa2 sedimentasi-magmatisme-volkanisme-metamorfisme
terakhir yang terjadi di Indonesia, dihimpun dari berbagai sumber yang bisa dipercaya dan memiliki otoritas (seksi radiometri Pusat Survey Geologi, Badan Geologi). Penentuan umur Kuarter terutama didasarkan kepada metode radiocarbon dan kemagnetan purba.

Geologi membutuhkan dimensi keempat (waktu) agar setiap peristiwa bisa didudukkan dengan tepat dalam kerangka ruang dan waktu. (sumber milis IAGI)


Published in: on Juni 20, 2007 at 7:29 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://bughibughi.wordpress.com/2007/06/20/radiometri-kuarter-indonesia/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: