BANTEN BERPOTENSI KEMBANGKAN WISATA TERPADU

BANTEN BERPOTENSI KEMBANGKAN WISATA TERPADU : CAGAR BUDAYA, WISATA AIR DAN WISATA TAMAN BATU DI KECAMATAN SAJIRA KABUPATEN LEBAK

SERANG – Dari hasil audiensi antara Ditjen Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan dan pariwisata dengan Pemerintah Provinsi Banten yang dilaksanakan di Gedung Negara, Selasa (27/02) terungkap bahwa dari hasil kajian/studi yang mendalam yang telah dilaksanakan oleh Ditjen Destinasi Departemen Kebudayaan dan Pariwisata ternyata Provinsi Banten berpotensi untuk mengembangkan Wisata Terpadu yang antara lain meliputi wisata Cagar Budaya, Wisata Air dan Wisata Taman Batu yaitu di Kecamatan Sajira Kabupaten Lebak.

Banten memiliki kekayaan sumber daya alam dan hayati yang sangat besar dan beragam, salah satunya adalah fosil kayu. Fosil kayu adalah batu yang berasal dari batang pohon yang tertimbun karena proses sedimentasi selama jutaan tahun di dalam tanah. Kawasan yang memiliki banyak timbunan fosil kayu ada di Sajira Kabupaten Lebak Banten.

Kekayaan sumber daya alam dan hayati di Banten belum dikembangkan secara optimal. Untuk membangkitkan budidaya fosil kayu dan memperluas peluang pasar maka perlu dibangkitkan sebuah kegiatan promosi yang tentu saja memerlukan biaya yang cukup besar. Di sisi lain kemampuan pelaku usaha terutama penambang untuk melaksanakan promosi masih rendah, untuk itu diperlukan bantuan pemerintah dalam memfasilitasi kegiatan promosi.

Kegiatan wisata merupakan salah satu ajang usaha promosi. Namun pengembangan kawasan wisata memerlukan suatu studi yang mendukung terbangunnya kawasan tersebut. Hal inilah yang kemudian memunculkan dukungan dari Direktorat Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata untuk melakukan kajian dan mengembangkan kegiatan wisata dan konservasi fosil kayu yang berlokasi di Desa Sajira Kabupaten Lebak Provinsi Banten.

Hasil Kajian tersebut dipaparkan oleh Direktur Jenderal Pengembangan Destinasi Pariwisata Departemen Kebudayaan dan Pariwisata-Sambujo yang didampingi tim konsultan dari PT. Grahayasa Nusantara Estima yang dipimpin Myra Gunawan. Ikut mendampingi Gubernur Banten antara lain ASDA II-Hidayat Djohari, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata – H. Ranta Suharta, dan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi-Ir.Winarjono, CES.MM.

Menurut Dirjen, rencana pengembangan kawasan Wisata Taman Batu ini diawali dengan kajian serta berdasarkan permintaan dari pelaku rekreasi baik wisatawan nusantara maupun mancanegara. Pusat dalam hal ini Depatemen Kebudayaan dan Pariwisata akan memfasilitasi rencana pengembanan kawasan wisata ini antara pemerintah daerah (Banten) dengan investor.

Gubernur Banten pada prinsipnya menyambut baik rencana tersebut, yang penting menurutnya hal itu tidak bertabrakan dengan rencana pembangunan Waduk Karian yang sudah dijadwalkan yang lokasinya juga di wilayah yang sama.

Karena itu Gubernur Banten berharap segera adanya tindak lanjut dengan mengadakan koordinasi dengan pihak-pihak terkait dan segera ditentukan tugas yang jelas antara Pusat, Daerah dan Pengembang itu sendiri.

Rencana pengembangan Taman Wisata Batu yang seluas 200 HA ini justru bisa dipadukan dengan rencana pembangunan Waduk Karian, untuk itu Gubernur Banten meminta kepada ASDA II Setda Provinsi Banten untuk dijadwalkan melakukan peninjauan langsung ke lapangan (roadshow) baik lokasi rencana Taman Batu maupun lokasi rencana pembuatan Waduk Karian.

Sementara itu Direktur PT. Grahayasa Nusantara Estima-Myra Gunawan selaku konsultan mengatakan rencana pengembangan wisata ini juga tidak terlepas dari keinginan memberdayakan masyarakat dan menggali PAD Non Pertanian.

(Sumber : Biro Humas Setda Provinsi Banten, Selasa 27 Februari 2007).

Published in: on Maret 3, 2007 at 4:40 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

The URI to TrackBack this entry is: https://bughibughi.wordpress.com/2007/03/03/banten-berpotensi-kembangkan-wisata-terpadu/trackback/

RSS feed for comments on this post.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: